Suhu Udara di Sumut Khususnya Medan Cukup Panas

Editor: mediaselektif.com author photo


MEDIASELEKTIF.COM – Suhu udara di wilayah Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir cukup panas.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Jumat (15/10/2021) mencatat bahwa suhu udara maksimum di wilayah Kota Medan dan Sekitarnya mencapai 37.0 OC pada tanggal 14 Oktober 2021. 

Laporan titik panas (hotspot) di wilayah Sumut juga mengalami penurunan dalam 2 hari terakhir. Pada tanggal 13 Oktober 2021 terpantau ada 31 titik panas, kemudian pada tanggal 14 Oktober 2021 titik panas menurun menjadi 14 titik panas.

Menurut Hartanto, kepala BMKG Wilayah I Medan, menjelaskan pada wartawan, kondisi ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain, angin dominan masih berasal Monsun Australia bersifat kering sehingga asupan massa udara basah kurang. 

Kemudian, sebutnya, adanya gangguan cuaca berupa TS Kompasu yang menarik massa udara sehingga Sumut menjadi kering. Selanjutnya, pola angin yang divergen (menyebar) sehingga tidak mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. 

Dan juga, kondisi atmosfer lapisan atas di wilayah Sumut dan sekitarnya cukup stabil sehingga pertumbuhan awan berkurang. Terakhir, diikuti  gerak semu matahari tepat berada diatas khatulistiwa yang menyebabkan suhu udara wilayah sekitar ekuator meningkat.

Namun demikian BMKG memperkirakan, kata Hartanto, suhu panas ini akan menurun dalam 2 – 3 hari kedepan. Hal ini dikarenakan terbentuknya gangguan cuaca berupa eddy di pantai barat Sumut. 

Sehingga mendukung untuk pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Sumut terutama di wilayah Kepulauan Nias, Pantai Barat, Pegunungan dan Lereng Timur Sumut.

“Untuk itu  kita himbau kepada masyarakat untuk lebih tanggap terhadap cuaca ekstrim. Selain itu tetap jaga kesehatan dengan sering minum air putih dan prokes yang ketat,” tutupnya.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini