Bupati Asahan Bersama Forkopimda Asahan Tinjau Proyek PLTA Asahan III

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan Surya, bersama Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS, Danlanal TB/AS, Sekdakab Asahan dan Asisten serta Camat Aek Songsongan mengunjungi proyek Pembangkit Listrik Asahan III, Desa Meranti Utara, Kecamatan Aek Songsongan, Senin (27/12/2021).

Manager unit Pelaksana Proyek Pembangunan Pembangkit 6 PLTA  Asahan III Agil Dermawan menyampaikan proyek PLTA Asahan III hingga saat ini sudah memasuki tahun ke dua dan sesuai progres selesai pada tahun 2024.

Agil Dermawan juga menyampaikan proyek Strategis Nasionanl yang ada di Desa Meranti utara ini sampai sekarang berjalan sesuai rencana dan alhamdulillah tidak mangalami hambatan yang berarti, harapannya semoga tahun 2024 proyek ini bisa diresmikan.

Lanjut Agil Dermawan, PLTA Asahan III yang dibangun direncanakan berkapasitas 174 MW dan merupakan salah satu proyek Strategis Nasional yang nantinya akan dapat meningkatkan reserve Margin di Sumatera Utara menjadi 4,58 % sehingga akan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sumatera Utara.

“PLTA Asahan III akan dapat menurunkan biaya produksi listrik PLN di Sumatera Utara sebesar Rp. 72/kWh dari sebelumnya Rp. 1.593/kWh menjadi  Rp. 1.521/kWh, hal tersebut berpotensi meringankan beban PLN secara Korporat dalam biaya penyediaan Listrik dengan penghematan sebesar Rp. 1,9 Triliyun per tahun, "katanya.

Agil Dermawan juga menjelaskan bahwa PLTA Asahan III yang dibangun terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba dengan menggunakan sistem "run-of-river" yaitu mengalirkan air dari sungai Asahan untuk dialirkan ke turbin air melalui terowongan yang sedang dibangun sepanjang 8 km.

“Listrik yang dihasilkan PLTA Asahan III ini nantinya akan disalurkan untuk memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera Bagian Utara melalui Gardu Induk 275 kV Simangkuk serta meningkatkan energi baru terbarukan sebesar 3,3 persen, "sebutnya.

Sementara itu, Bupati Asahan H. Surya mengatakan bahwa kehadiran Forkopimda Asahan untuk meninjau dan melihat secara langsung pembangunan Proyek Asahan III yang merupakan Obyek vital yang pembangunannya berada di wilayah Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan juga berharap pembangunan proyek Asahan III dapat berjalan lancar sampai peresmian nantinya.

"Forkopimda sangat mendukung proyek strategis Nasional ini, semoga berjalan lancar dan penyelesaiannya tepat waktu dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Asahan, "sebutnya.

Dalam kunjungannya tersebut. Bupati Asahan dan Forkopimda didampingi Manager unit pelaksana proyek meninjau terowongan pembangunan PLTA Asahan III. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini