Bupati Samosir Berikan Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Kesehatan Masyarakat

Editor: mediaselektif.com author photo

 

MEDIASELEKTIF.COM – Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyerahkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari APBD kepada 1500 jiwa masyarakat Kabupaten Samosir. Penyerahan ini sebagai bukti kepedulian Bupati Samosir terhadap kesehatan rakyatnya.

Hal ini disampaikan Bupati Samosir saat penyerahan secara simbolis JKN kepada 7 warga dari 116 Jiwa di Kecamatan Harian.

“JKN yang dimulai sejak Januari 2014 dan secara bertahap menuju ke Universal Health Coverage bekerjasama dengan BPJS sebagai instansi penyelenggara dan bersifat wajib yang dilakukan secara bertahap sehingga mencakup seluruh penduduk,” ucap Bupati.

Menurutnya, sistem jaminan sosial nasional (SJSN) sebagai salah satu bentuk kehadiran negara melakukan perlindungan sosial kepada rakyatnya.

“Bupati memohon maaf sebelumnya jika pembagian JKN belum maksimal karena keterbatasan anggaran akibat sebagian besar digunakan untuk penanganan Covid-19, tapi kedepannya tetap kami tingkatkan untuk 7000 jiwa penerima JKN,” tegasnya.

Program anggaran JKN bersumber dari APBD Samosir yang juga merupakan program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Samosir pada Visi-Misi.

“Dengan penambahan peserta JKN PBPU, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir bagi masyarakat tidak mampu sebanyak 1500 jiwa tahun 2021 secara bertahap maka sudah 9500 jiwa terlindungi JKN,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Drg Subarta Sagala menyatakan penambahan PBPU serta PB sebanyak 1500 jiwa melengkapi pemberian yang telah dilakukan pada Agustus 2021 lalu sebanyak 500 jiwa.“Pada September sampai November kita salurkan 545 jiwa juga Desember 455 jiwa,” terangnya.

Dikesempatan itu hadir, Asisten II Pemkab Samosir Saul Situmorang, Kepala Cabang BPJS Siantar Unit Samosir, Demon Silalahi dan Camat Harian Roberton Manik, Sekretaris Camat Harian Hari Naibaho, Kabag Humas Hartopo Manik serta seluruh penerima JKN dan staf kantor Camat Harian. (Henri TS/MSC).

Share:
Komentar

Berita Terkini