Reses Edwin Sugesti di Tiga Kecamatan Mengemuka Soal Dana Bansos

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pelaksanaan  Reses Masa Sidang I Tahun ke III Tahun Anggaran 2022 selama dua hari (Sabtu dan Minggu 19-20/2022) di tiga kecamatan yakni Kecamatan Medan Perjuangan, Medan Tembung dan Medan Timur, dilakukan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Edwin Sugesti SE MM, mengemuka persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat terkait dana bantuan sosial (Bansos).

Hal itu terbukti, sebagian besar masyarakat yang hadir pada reses tersebut mempertanyakan masalah kucuran dana bansos dari pemerintah. Sementara, masalah banjir, drainase, sampah, koperasi, pendidikan dan kesehatan hanya beberapa masyarakat saja mempertanyakan kepada perwakilan OPD yang menjadi nara sumber pada kegiatan itu.

Seperti reses di Jalan Batu Putih Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Medan Perjuangan misalnya, salah seorang warga bernama Sumiati penduduk Jalan Pahlawan Lorong Perwira Gangga Mangga mengatakan, dirinya terdaftar menjadi Anggota Program Keluarga Harapan (PKH) beberapa tahun, namun hingga saat ini belum menerima bantuan dari pemerintah tersebut. Sedangkan, tetangganya pada menerima bantuan sosial itu.

"Miris saya jika melihat tetangga saya membawa beras dan bantuan lainnya. Sementara, saya yang Anggota PKH hanya menjadi penonton saja," kata Sumiati pada sesi tanya jawab.

Tak jauh beda dengan Wahyuni Jalan Sakti Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Medan Perjuangan. "Jangankan bantuan PKH. BPJS Kesehatan saja saya belum ada menerima sampai saat ini. Pak tolonglah kami ini rakyat kecil. Bagaimana, kami juga bisa merasakan bantuan dari pemerintah itu," tanya Wahyuni.

Kemudian Sri Lestari penduduk Jalan Satria Barat, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Medan Perjuangan mengharapkan, tahun ini dirinya mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui PKH, soalnya selama tinggal di wilayah tersebut, belum mendapat bantuan apa-apa. "Begitu juga meminta kartu BPJS nya sudah mati dan meminta dihidupak kembali," pinta Sri Lestari.

Sementara, Rodiah dengan tegas mengatakan, penyaluran dana bantuan sosial kepada masyarakat harus merata dan jangan tembang pilih. "Soalnya, saya mendengar selentigan banyak masyarakat yang kecewa karena tidak dapat bantuan dari pemerintah. Sedangkan, masyarakat yang hidupnya sudah tidak mendapat. Jadi saya hanya berharap penyaluran bantuan sosial harus merata dan yang berhak menerimanya," ujar Rodiah.

Sedangkan Hasbi penduduk Jalan Batu Putih Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Medan Perjuangan meminta Pemko Medan segera mengatasi banjir di daerahnya. Soalnya, sedikit saja hujan turun air mulai menggenangi jalan. Sebab, drainase yang ada di jalan tersebut tidak bisa menampung dibit air sehingga meluber ke jalan.

"Air yang datang ke daerah kami pak berasal dari kawasan Jalan Sejati/Aksara, kemudian air itu menuju Jalan Satria dan masuk ke Jalan Batu Putih. Nah, kondisi inilah yang selalu terjadi. Jadi mohonlah segera diatasi," kata Hasbi.

Sementara Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan diwakili Kelana selaku Kepala UPT mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan drainase sepanjang Jalan Negara Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Medan Timur. "Tahun ini akan dikerjakan. Mudah-mudahan dengan baiknya drainase di Jalan Negara maka banjir di Jalan Batu Putih dan sekitarnya dapat teratasi," ujar Kelana.

Reses di Jalan Karya Bakti Kecamatan Medan Tembung dan Medan Timur, hal yang sama juga terjadi di Kecaamatan Medan Tembung dan di Kecamatan Medan Timur. Masyarakat yang hadir didominasi kaum ibu-ibu itu mempertanyakan soal dana bantuan sosial yang dinilai kurang merata.

Dhalia Simorangkir penduduk Kelurahan Bengkel menanyakan soal bantuan sosial yang setahun ini belum diperolehnya. Sementara, kartu PKH ada. "Saya memang pernah mendapat bantuan anak sekolah dan beras, namun hingga sekarang tidak memperoleh lagi, bagaimana itu pak," tanyanya.

Sedangkan Boy meminta daerahnya di Perwira II segera dibuat drainase. Soalnya, lanjut Boy, kawasan tempat tinggalnya sudah puluhan tahun tidak ada drainase. "Kalau hujan turun masyarakat di sana kebanjiran," sebutnya.

Sementara, Edwin Sugesti SE MM yang mendengar permasalahan masyarakat di daerah pemilihannya akan melakukan yang terbaik. "Pokoknya, semua keluhan ini sudah saya catat dan akan saya bawa ke dewan untuk dibahas bersama anggota dewan lainnya," sebut Edwin.(Moe/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini