Cegah Stunting, Pemkab Asahan Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Wakil Ketua Tim Penanganan dan Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Asahan Ny. Yusnila Indriati Taufik bersama Kepala Dinas Perikanan Hazairin MM, Kepala Dinas  Ketahanan Pangan Amir Husin mengahdiri sosialisasi penyajian dan pengolahan ikan di desa Banjar, Kecamatan Air Joman, Rabu (3/8/2022).

Kepala Dinas Perikanan  Kab. Asahan Ir.Hazairin, MM  mengatakan sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan memiliki peran sentral dalam upaya memasyarakatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan kecerdasan, pertumbuhan dan menjaga kesehatan.

Hazairin juga mengatakan upaya sosialisasi tersebut harus senantiasa dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat akan arti pentingnya mengkonsumsi ikan secara teratur.  

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penanganan dan Percepatan Penurunan Stunting Kab. Asahan Ny Yusnila Indriati Taufik mengatakan  bahwa masalah gizi dan kesehatan dapat ditanggulangi lebih efektif jika dilaksanakan oleh masyarakat bersama pemerintah.

Kata Yusnila, salah satu upaya penanggulangan masalah gizi yaitu dengan Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) pada balita dan ibu hamil yang bermasalah gizi kurang, kurang energi protein (KEP) dan Kurang Energi Kronis (KEK).

"Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka panjang, yang berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak, "katanya.

Yusnila Indriati Taufik mengatakan bahwa ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik yang banyak mengandung vitamin A. Untuk itu, diharapkan semua pihak dapat menjadikan olahan ikan sebagai menu utama. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini