Paul Simanjuntak Minta Lurah Proaktif Urusi Bantuan Warga Tak Mampu

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Anggota DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak, SH meminta seluruh lurah di kota Medan agar proaktif membantu warga kurang mampu untuk mendapatkan bantuan pemerintah. Paul menyatakan masih banyak warga kurang mampu tidak mendapat bantuan pada hal mereka layak mendapatkannya.

"Saya banyak mendapat pengaduan dari warga mereka tidak mendapat bantuan pemerintah padahal mereka layak mendapatkannya," kata Paul saat reses masa sidang II tahun ketiga TA. 2022, Jumat (26/8/2022) di Medan.

Mereka mengatakan kebanyakan penerima bantuan adalah keluarga kepala lingkungan (Kepling), lanjut Paul. Karenanya, dia meminta lurah untuk secara terbuka mengumumkan kepada warga ketika ada pertemuan dengan pihak Dinas Sosial agar semua warga kurang mampu bisa menghadiri nya.

"Jangan ada kesan sembunyi-sembunyi sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahuinya," kata Paul.

Politisi PDIP ini menekankan untuk warga kurang mampu sangat membutuhkan bantuan pangan non tunai (BPNT), sebab bantuan itu dapat meningkatkan ketahanan pangan di tingkat keluarga penerima manfaat, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

"Kedepan jangan ada lagi pengaduan warga tidak mampu, tidak mendapat bantuan sementara ada keluarga mampu yang malah dapat bantuan," tegasnya di depan ratusan warga yang datang dari Kecamatan Medan Timur, Medan Tembung dan Medan Perjuangan.

Selain itu Paul juga menjelaskan pihaknya selalu siap untuk membantu warga dalam pengurusan adminduk seperti KTP, KK bahkan BPJS. Dia menyarankan warga yang akan mengurus datang ke kediamannya di Jalan Sei Kera.

Sementara itu, warga bernama Dewi Sartika Sirait penduduk Jalan Sering mengeluhkan kerapnya terjadi banjir di jalan tersebut ketika hujan turun dan minimnya tempat sampah. Hal yang sama juga dikeluhkan 

Sinaga warga jalan Veteran Pulu Brayan Bengkel Baru, dikatakan jika hujan turun 2 jam saja Jalan Veteran sudah banjir.

Menjawab keluhan warga, Paul menyatakan akan turun langsung ke lokasi dan akan menghubungi Dinas PU Kota Medan untuk segera menindaklanjutinya.

Sedang untuk tempat sampah permanen, Paul akan berkoordinasi dengan lurah setempat apakah dana kelurahan bisa dimanfaatkan untuk pembuatan tempat sampah.

Pada kesempatan itu Paul juga memuji kinerja OPD di era Walikota Bobby Nasution. Dia menyebutkan, sekarang ini semua OPD bekerja cepat termasuk dalam mengakomodir pokir-pokir anggota dewan. 

Acara reses kemudian disudahi dengan penyerahan KTP, KK dan kartu BPJS kepada warga.(Moe/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini