Rektor Unimed: Wisudawan Dituntut Agar Memiliki Rasa Empati, Kepedulian, Sense of Belonging 

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Di era pandemi yang belum berakhir, para wisudawan dituntut agar memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging dan kemahiran di bidang IT dan bahasa Inggris. Semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan kita sudah berbasis IT, sebagai dampak pandemi di negeri kita.

Demikian Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom pada acara wisuda 1.041 lulusan Unimed secara daring di Medan, Rabu (24/8/2022).

"Kami yakin mampu bersaing di dunia kerja dan dapat hidup sukses yang lebih cemerlang, untuk membahagiakan ke dua orang tua dan keluarga. Kita sudah bekerja sama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Alhamdulilah, melalui program MBKM, 374 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankkan," tukasnya.

Ia mengatakan, semoga apa yang raih setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik di kampus yang kita banggakan ini, dapat menghantarkan ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan dapat membahagiakan ke dua orang tua dan keluarga.

"Kami mohon maaf kepada ke dua orang tua/wali dan para wisudawan, karena upacara wisuda periode Agustus 2022 ini belum dapat dilaksanakan secara langsung di kampus," paparnya.

Ia mengajak semua, mari ambil hikmah, bahwa dibalik kegiatan wisuda daring ini. Semoga kita bersama dapat menerima dengan ikhlas dan sabar, dan wisuda daring yang kita laksanakan ini tetap hikmat dan bermakna bagi semua.

Upacara wisuda bukanlah acara menyatakan bahwa masa belajar telah berakhir. Justru pelaksanaan wisuda ini justru menjadi titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan yang sudah dimiliki. Para wisudawan diharapKan berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup. Kembangkan pengetahuan dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar dapat bersaing di dunia kerja yang kompetitif.

Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 806 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.

Mahasiswa Unimed juga berhasil meraih beberapa medali di Sea Games Hanoi-Vietnam Mei 2022 yang lalu, Paduan suara Unimed meraih 4 medali emas di event internasional choir festival di Bali 2022, Mahasiswa FBS meraih medali emas di ASIA’s Art Festival 2022 dan ratusan prestasi mahasiswa lainnya di tingkat nasional dan internasional. Kami berharap lulusan Unimed ke depan akan terus bermutu, berdaya saing dan tetap dinanti dunia kerja.

Rektor berpesan, apapun gelar akademik yang disandang, tentu saja membawa suatu kebahagian, kebanggaan, dan tanggung jawab tersendiri. Karena itu saya berpesan jagalah nama baik almamater.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini