Unimed Wisuda 1.356 Lulusan, Secara Tatap Muka Perdana Setelah Pandemi 

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Negeri Medan (Unimed) mewisuda 1.356 wisudawan yang berasal dari 139  Lulusan Program Pascasarjana, 140 Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 199 Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 89 Lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 271 Lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 209 Lulusan Fakultas Teknik, 107  Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, 202 Lulusan Fakultas Ekonomi.

Ijazah beserta gelar diberikan kepada 1.356 lulusan yang terdiri dari 3 Doktor Linguistik, 21 Doktor Pendidikan, 6 Magister Akuntansi, 3 Magister Ekonomi, 104 Magister Pendidikan, 2 Magister Sosial, 26 Sarjana Akuntansi, 17 Sarjana Ekonomi, 13 Sarjana Gizi, 13 Sarjana Komputer, 53 Sarjana Manajemen, 28 Sarjana Matematika, 20 Sarjana Olahraga 942 Sarjana Pendidikan, 37 Sarjana Sains, 25 Sarjana Sastra, 24 Sarjana Teknik, 9 Sarjana Seni, 4 Ahli Madya Teknik Mesin, 6 Ahli Madya Teknik Sipil.

"Kepada para wisudawan yang berbahagia, atas nama pribadi, pimpinan, dan seluruh sivitas akademika Unimed, kami mengucapkan selamat atas kelulusan Saudara dan gelar akademik yang Saudara raih sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Ucapan selamat dan terima kasih juga saya disampaikan kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga, yang telah mempercayakan pendidikan putra/putrinya kepada Unimed," ujar Rektor Unimed Prof Dr Syamsul Gultom SKM MKes dalam pidatonya saat mewisuda 1.356 lulusan di Gedung Serbaguna Unimed, Rabu, (22/2/2023) secara luring yang pertama setelah pandemi.

Dikatakannya, semoga apa yang diraih setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik di kampus yang kita banggakan ini, dapat menghantarkan Saudara ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan yang gemilang dan dapat membahagiakan kedua orang tua dan keluarga. 

Alhamdulilah ucapara wisuda periode Februari 2023 ini dapat kita laksanakan secara langsung di Gedung Serbaguna Unimed untuk yang pertama kalinya setelah pandemi melanda kita selama lebih kurang 3 tahun. 

Upacara wisuda yang diikuti ini, bukan menyatakan masa belajar telah berakhir. Justru harus menjadi sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki selama studi di Unimed. 

Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh harus menjadi modal yang dapat memberi kesempatan lebih besar untuk berkiprah dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup. 

"Kami mengajak semua para wisudawan yang diwisuda hari ini, agar mendapat melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar tetap dapat bersaing di dunia kerja yang kompetitif. Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor, dan 19 Program Magister yang terus berkembang. Melalui acara wisuda yang berbahagia ini, kami mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan studi pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan. Alhamdulilah, saat ini Unimed memiliki 82 Program Studi D3, S1/D4, S2, S3 dan Profesi, 61 persen sudah terakreditasi A/Unggul," paparnya sembari mendorong agar tahun depan semua prodi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul. 

Selain itu, Unimed juga sekarang sedang berproses mempersiapkan peralihan status dari PTN BLU menjadi PTN-BH, agar lebih optimal dalam pengembangan mutu dan kemajuan kampus kita.    

Di era revolusi industri dan menuju era society 5.0, di mana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Saudara para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill dibidang IT dan bahasa Inggris. Saat ini bukan lagi era kompetisi, namun saat ini yg dibutuhkan adalah kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai hal. 

Dalam kesempatan itu juga disampaikannya, mahasiswa Unimed juga berhasil mengukir berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional di antaranya peringkat 9 nasional pada ajang PIMNAS Ke-35 di Malang Desember 2022.

Meraih Medali Emas di PORSENI NU di Jateng Januari 2023, meraih 4 medali di Kejurnas Tarung Derajat 2022 di Bandung Desember 2022, meraih medali emas di Event Asian Kickboxing di Thailand Desember 2022, meraih medali emas di Ajang Pra-PORA di Aceh Desember 2022, meraih 3 medali emas dan perak di POMNAS XVII di Padang November 2022, meraih medali emas di ajang PERPARAWI Nasional di Semarang November 2022. "Dua mahasiswa Unimed raih prestasi menjadi Duta Muda Sumatera Utara Tahun 2023, dan banyak lagi prestasi lainnya yang berhasil di raih oleh mahasiswa Unimed. Capaian prestasi yang berhasil di raih mahasiswa Unimed ini menjadi bukti bahwa proses akademik dan non akademik di kampus hijau Unimed berjalan dengan baik dan sukses," ucapnya.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini