Mudik Tenang & Nyaman, PLN Imbau Masyarakat Cek Instalasi Listrik

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Mudik lebaran identic saat perayaan Hari Raya Idul Fitri merupakan suatu tradisi untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Fenomena mudik lebaran ini memang unik dan jarang ditemukan di Negara lain.

Agar mudik terasa nyaman saat rumah yang ditinggalkan dalam waktu yang lama dalam kondisi aman. Para pemudik perlu memastikan keamanan kelistrikan agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan, salah satunya terhindar dari arus pendek listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

General Manager PLN, Awaluddin Hafid menghimbau Sabtu (15/4/2023) kepada seluruh masyarakat di Sumatera Utara untuk memastikan kembali tidak ada peralatan elektronik yang tersambung saat akan ditinggalkan mudik lebaran.

“Tahun ini akan banyak masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran baik mudik antar kabupaten bahkan ada juga yang keluar provinsi. Untuk itu kami menghimbau sebelum melaksanakan mudik lebaran, pastikan kondisi rumah dalam keadaan yang aman”, ungkap Awal.

Ia juga menambahkan, lakukan beberapa tips sederhana sebelum melakukan mudik lebaran.

1. Pastikan peralatan elektronik dan instalasi dalam keadaan baik dan sesuai dengan ketentuan.

2. Matikan aliran listrik yang tidak terpakai dengan mencabut semua peralatan elektronik.

3. Hidupkan lampu penerangan seperlunya demi keamanan rumah yang ditinggalkan.

4. Melakukan pengisian token bagi pelanggan prabayar dan pembayaran listrik sebelum tanggal 20 bagi pelanggan pascabayar agar terhindar dari pemutusan listrik akibat keterlambatan pembayaran.

Dalam momen lebaran tahun 2023, PLN telah menetapkan siaga kelistrikan mulai tanggal 10 April hingga 02 Mei 2023. Untuk memastikan kondisi kelistrikan dalam keadaan aman, PLN telah mempersiapkan 2.994 Personel yang akan stand by selama 24 jam. Sebanyak 291 merupakan pegawai PLN dan 2.703 lainnya merupakan tenaga alihdaya dan mitra kerja. PLN juga mempersiapkan peralatan pendukung sebanyak 187 unit, kendaraan pendukung lainnya sebanyak 378 unit dan material dalam jumlah yang cukup.

Tidak hanya itu, PLN juga telah mempersiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 10 titik di Sumatera Utara dan dapat di akses melalui aplikasi PLN Mobile bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

“Kini layanan PLN sudah semakin mudah. Cukup dalam satu genggaman masyarakat dapat menikmati layanan PLN kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya layanan PLN, melalui PLN Mobile masyarakat juga bisa mengetahui berita seputar PLN dan lokasi SPKLU yang telah dipersiapkan PLN dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Sumatera Utara”, tutup Awal.(Ir/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini