Kadisdik, Ilyas: Pembangunan Dibidang Kebudayaan Harus Dapat Membawa Manfaat

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Dewan Kebudayaan diharapkan mampu berperan lebih sebagai pemelihara dan pengembang kebudayaan dengan mempersiapkan sistem kuratorial kebudayaan. “yaitu tentang strategi kebudayaan sebagai usaha survival and winning, artinya, dalam memelihara keberlanjutan budaya Batu Bara itu perlu usaha-usaha terencana-terpadu untuk penguatan ketahanan dan memenangkan prioritas pemajuan kebudayaan,”.

Hal tersebut dikatakan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP., pada pengarahannya usai melantik 43 pengurus Dewan Kebudayaan Kabupaten Batu Bara Periode 2020 – 2024 bertempat di Aula Rumah Dinas Bapati Tanjung Gading Sei Suka Kabupaten Batu Bara, Rabu (24/2/2021).

Masih menurut Zahir, kebudayaan harus dipahami wujudnya sebagai komplek nilai-nilai dan gagasan yang isinya meliputi seluruh hakikat kehidupan dan jangan ada  penyempitan makna kebudayaan hanya dalam arti seni saja dan hanya diterima sebagai sekadar pewarisan. “sebab jika demikian, akan hilanglah watak dinamis yang menjadi substansi kebudayaan itu sendiri. dalam konteks itu, Zahir banyak berharap adanya sinergi dari semua unsur kepengurusan dan lakukan koordinasi dengan dinas terkait, terang Politisi PDI Perjuangan ini.

Zahir juga meminta agar pengurus yang baru terbentu membuat rencana kerja dan pilih yang prioritas mengingat keterbatasan anggaran yang kita miliki. Lakukan kajian dengan ahlinya. Kabupaten kita ini memiliki letak yang strategis sehingga saat ini dalam menuju pembangunan kawasan industry dan sudah berdiri megah Pelabuhan internasional di Kawasan Kuala Tanjong maka kita perlu untuk memperkuat kebudayaan kita di Batu Bara ini. Budaya merupakan kekayaan hak intelektual yang perlu kita jaga dan kita daftarkan ke Kemenkumham guna mendapat pengakuan, ungkap Zahir.

Sementara Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus dalam laporannya mengatakan bahwa  Pembangunan dibidang kebudayaan harus dapat membawa manfaat bagi para pelaku budaya serta masyarakat pada umumnya. 

Tidak hanya sebagai sebuah karya yang harus diapresiasi, tetapi mampu memberikan efek ganda atau multiplier effect. Ilyas menyampaikan Pemberdayaan kebudayaan tidak hanya harus dijaga agar tetap lestari dan menjadi simbol kepribadian, tetapi juga ditekankan pada unsur hiburan, ekonomi, pendidikan, dan pariwisata. 

Oleh karenanya Pelantikan Dewan Kebudayaan ini di dasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah serta Surat Keputusan Bupati Batu Bara Nomor 483/Disdik/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Dewan Kebudayaan Kabupaten Batu Bara Periode 2020 – 2024, terang Ilyas.

Masih menurut Ilyas Dewan Kebudayaan Kabupaten Batu Bara ini bertujuan untuk pelestarian dan pengembangan serta pemanfaatan kebudayaan daerah guna meningkatkan kualitas dan kreatifitas melalui peran serta masyarakat  dalam bentuk lembaga yang terorganisir,  mendukung sekaligus memberi masukan serta pandangan kepada pemerintah daerah dalam usaha perumusan arah prioritas dan kerangka kebijakan pada bidang pembinaan, pelestarian, pengembangan serta pemanfaatan potensi budaya serta menangkap aspirasi masyarakat dan para pemangku kepentingan kebudayaan di serta dapat menjadi kataliasator dalam upaya pembinaan dan pengembangan seni dan budaya daerah Kabupaten Batu Bara, papar Ncekli safaan akrab Kadisdik Batu Bara ini.

Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Batu Bara terpilih Muhammad Yusuf Morna a tau Buyung Morna menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah Batu Bara yang telah memberikan ruang dan kesempatan kepada masyarakat melalui wadah organisasi ini untuk dapat berbuat yang terbaik dalam mewujudkan pemajuan budaya melayu Batu Bara melalui pembinaan Bapak Bupati Zahir.  Buyung Morna juga mengajak masyarakat Batu Bara untuk membesarkan budaya melayu di negeri Batu Bara tanah batuah ini.(Rel/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini