Wali Kota Ajak GP Ansor Medan Usir Covid-19 & Pulihkan Perekonomian

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. mengajak segenap Gerakan Pemuda (GP) Ansor berkolaborasi untuk memutus penyebaran pandemi Covid-19 dan memulihkan perekonomian. 

Ajakan ini disampaikan Wali Kota saat menghadiri pembukaan Konferensi Cabang XVIII Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Sabtu (20/3/2021) petang di halaman Pesantren Al Kautsar, Jalan Pelajar, Medan Denai.

Dalam perhelatan yang dihadiri antara lain pimpinan Pesantren Al Kautsar, Syekh K.H. Ali Akbar Marbun, Dandim 0201 BS, Letkol. Inf. Agus Setiandar, Ketua GP Ansor Sumut, H. Adlin Umar Yusri Tambunan, dan segenap pengurus serta anggota GP Ansor Medan itu, Wali Kota mengatakan sampai sekarang seluruh wilayah kecamatan di Medan masih Zona Merah penyebaran Covid-19. Pemko Medan, lanjut Bobby, tidak bisa bergerak sendiri untuk mengubah Zona Merah ini menjadi Kuning atau Hijau. Dibutuhkan kerja sama dengan segenap komponen masyarakat, termasuk GP Ansor. 

“Kalau dulu, para santri itu ikut mengusir penjajah dari bumi Indonesia, sekarang saya ajak GP Ansor untuk mengusir Covid-19,” ucap Bobby seraya mengatakan, saat ini Pemko Medan pun gencar melakukan upaya mendisplinkan masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan, termasuk di tempat hiburan malam. “Penertiban ini dilakukan secara pukul rata, tanpa pandang bulu,” tambah Wali Kota.  

Berkaitan dengan pemulihan perekonomian, Bobby mengajak GP Ansor untuk menjadikan masjid-masjid bukan saja sebagai tempat beribadah, namun juga sebagai daya pergerakan ekonomi. Masjid bisa jadi wadah pengembangan UMKM, koperasi, Mekar, dan bank wakaf.

Menurut Bobby, jumlah masjid di Medan yang lebih 1.100 merupakan potensi menggerakkan perekonomian syariah. Yang perlu dilakukan saat ini adalah pendataan sehingga dapat disusun perencanaan yang matang. 

“Ayo, GP Ansor kita jadikan masjid salah satu energi untuk menggerakkan perekonomian,” ajak Wali Kota. 

Dalam sambutannya, Bobby juga mengungkapkan kebahagiaannya dapat bersilaturrahmi dengan pimpinan Pesantren Al Kautsar, Syekh K.H. Ali Akbar Marbun. Dia mengungkapkan, Syekh Ali Marbun telah lama menjalin hubungan silaturrahmi dengan keluarganya. “Beliau teman almarhum ayah saya. Mudah-mudahan silaturrahmi ini akan tetap terjaga,” ungkap Bobby.  

Sebelumnya, Syekh K.H. Ali Akbar Marbun dalam sambutannya mengungkapkan kegembiraan atas terselenggaranya Konfercab GP Ansor di pesantren ini. Dia juga menyatakan kegembiraannya atas kehadiran Wali Kota Medan pada perhelatan ini. Dikatakannya, Bobby merupakan bagian keluarga besar Pesantren Al Kautsar. Bobby dan keluarganya juga sering berkunjung ke Pesantren ini. 

Saat itu, Syekh Ali Marbun mengingatkan segenap anggota GP Ansor tetap menjalin silaturrahmi untuk membangun bangsa, termasuk mendukung sepenuhnya program-program Wali Kota Medan. 

"Mari bahu-membahu bantu Wali Kota kita ini. Dia Wali Kota yang muda dan energik. Sekarang ini yang muda-mudalah yang kita harapkan,” ucapnya seraya mengharapkan Wali Kota Medan juga dapat membimbing dan mengarahkan GP Ansor agar dapat berpartisipasi dalam mendukung program Pemko Medan.  

Konferensi Cabang XVIII Gerakan Pemuda (GP) Ansor ini dibuka oleh Ketua GP Ansor Sumut, H. Adlin Umar Yusri Tambunan. Dalam sambutannya, dia mengajak segenap anggota GP Ansor Medan tetap konsisten dan komit dapat menjaga keutuhan NKRI dan mendukung berbagai program pembangunan yang dijalankan oleh Pemko Medan.(LR/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini