Pemkab Asahan Peringati Hari Otonomi Daerah ke- XXVII

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) ke- XXVII Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Asahan, Sabtu (29/4/2023).

Upacara hari Otda tersebut dipimpin Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si dan diikuti oleh Dandim 0208/Asahan, Kapolres Asahan, Mewakili Kajari Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, OPD dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan.

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Siregar mengatakan, tujuan dilaksanakannya Otonomi Daerah adalah untuk mendesentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Masih kata dia, Otonomi Daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah.

Dikatakannya, Pemerintah Pusat menargetkan Tahun 2023 angka Stunting anak turun menjadi 17 persen secara nasional. Untuk itu, kita harus mengambil langkah strategis dalam upaya menekan angka stunting di Kabupaten Asahan.

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar juga meminta semua unsur masyarakat Kabupaten Asahan untuk mendukung tujuan Otonomi Daerah sebagaimana filosofi otonomi daerah.

"Kita semua mampu menjaga stabilitas harga sehingga tidak terjadi inflasi yang dapat memberatkan rakyat. Kunci yang utama untuk mencapai itu adalah pada unsur Sumber Daya Manusia, terutama ASN yang berintegritas, profesional, kompeten dan dapat bekerjasama secara kolaboratif, "katanya.(SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini