Jajaran Pengawas Dinyatakan Siap Siaga Melakukan Tugas Pengawasan Pemilu 2024

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Jajaran pengawas pemilu di seluruh Indonesia menunjukkan kesiapannya dalam pengawasan pemilihan. Tak terkecuali di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara

Demikian disampaikan anggota Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang saat memimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 pada Sabtu (27/01/2024) di halaman Kantor Panwas Kecamatan Datuk Tanah Datar di Desa Petatal Batu Bara.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut ini menjelaskan bahwa jajaran pengawas sudah harus siap siaga melakukan tugas pengawasan pemilihan 2024.

“Apel siaga ini kita lakukan untuk memastikan kesiapan dan komitmen kita mengawasi pelaksanaan pemilihan khususnya di Kabupaten Batu Bara ini,” ungkap Suhadi mengawali sambutannya dihadapan peserta apel yang terdiri dari Panwascam, PKD dan PTPS se-Kecamatan Datuk Tanah Datar.

Suhadi juga mengungkapkan bahwa komitmen dan kesiapan itu harus dilakukan dengan memegang teguh pilar penting dalam pengawasan.

“Pengawas itu merupakan ujung tombak pertahanan demokrasi, oleh karena itu pengawas harus memiliki soliditas, integritas, mentalitas yang kuat, profesionalitas dan loyalitasnya terhadap institusi,” katanya.

Lebih lanjut Suhadi meminta jajaran pengawas untuk bersungguh-sungguh melakukan pengawasan, terkhusus untuk Pengawas TPS yang menurutnya merupakan hakim tunggal di TPS.

“Terhadap proses yang berlangsung di TPS merupakan tanggungjawab PTPS untuk mengontrol, mengawasi segala macam kegiatan bahkan menjadi hakim tunggal yang dapat memutuskan segala sesuatu yang terjadi pada saat terjadi kekacauan atau bentuk-bentuk kecurangan,” Ungkapnya.

Tak lupa juga Suhadi mengingatkan agar pengawas secara berjenjang menjaga komunikasi dan tetap berkoordinasi dalam melaksanakan tugas.

Diakhir arahannya, Suhadi meminta agar pengawas berkomitmen menjalankan tugas pengawasan sesuai aturan.

“Kita harus menunjukkan komitmen dalam menjaga integritas dan transparansi Pemilu 2024. Semoga pengawasan yang kita lakukan berjalan lancar dan memberikan kontribusi positif bagi jalannya demokrasi di Kabupaten Batu Bara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam apel siaga ini Anggota Bawaslu Kabupaten Batu Bara Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Muksin Kalid, serta Ketua dan Anggota serta jajaran Sekretariat Panwascam Datuk Tanah Datar.(Bos/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini