-->

Pasca Keluarnya Surat Edaran Rektor Belajar Mengajar Secara Online USU Sepi

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Pasca keluarnya surat edaran Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) dengan ‎Nomor 3195/UN5.1.R/KPM/2020 tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran virus corona (Covid-19) dengan sistem belajar mengajar secara online, situasi kampus USU tampak lebih lengang dari biasanya.

Berdasarkan pantauan di Kampus USU, Selasa (17/3/2020) tampak sejumlah fakultas yang setiap harinya dipadati mahasiswa kini nampak sepi. Demikian juga, taman kampus yang biasa ramai pengunjung dari luar maupun mahasisiwa yang berada di depan biro rektor juga tampak sepi dari biasanya.

Termasuk suasana biro rektor yang biasanya disibukkan dengan padatnya aktivitas administrasi juga tampak lengang. Hal ini terlihat dari kendaraan parkir yang tidak sebanyak sebelumnya. Demikian juga waktu jam pulang kerja juga tidak nampak kepadatan kalau lintas di kawasan pintu-pintu keluar USU.

Sedangkan di Biro Rektor atau Pusat Administrasi USU, juga mulai terlihat para petugas security telah mengenakan masker saat menerima pengunjung.

Hanya saja berdasarkan pengamatan di pintu masuk Biro Rektor, belum ada petugas yang melakukan pengecekan suhu tubuh. Demikian juga, cairan cuci tangan (sanitizer) juga belum tampak ada di lokasi-lokasi penerimaan tamu maupun di ruangan.

Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumanti kepada wartawan ketika ditemui, Selasa sore mengakui lengangnya USU hari ini, sebab sejak hari ini perkuliahan tatap muka di tiadakan.

“Terhitung sejak hari Selasa, 17 Maret 2020 hingga waktu yang akan ditentukan. Kemudian mengubah kegiatan belajar mengajar dari bentuk tatap muka menjadi dilaksanakan secara daring,” ungkapnya.

Ketika disinggung terkait pegawai, ia mengutarakan tidak ada pegawai yang bekerja di rumah semuanya masuk kantor.

"Kecuali pegawai yang menderita sakit, itu dipersilahkan supaya tidak masuk kantor," jelasnya.

Sehari sebelumnya, Rektor USU Prof Runtung Sitepu SH MHum, guna mengantisipasi wabah virus Corona (Covid-19) pertemuan tatap muka ditiadakan hingga waktu yang ditentukan berikutnya.

Ia menjelaskan ‎pelaksanaan bimbingan tugas akhir dapat dilaksanakan secara daring atau online berupa E-Learning, Vi-Learning, Mailing List.

Rektor meminta kepada pimpinan fakultas dan program studi untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen dan mahasiswa untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring tersebut.

“Hal itu, sesual dengan petunjuk dan pedoman yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia (cq.Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), dan pengalaman berbagai negara menghadapinya. Pimpinan USU merasa perlu untuk menetapkan langkah-langkah lebih lanjut untuk kewaspadaan dan mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di Lingkungan Kampus USU‎,” ungkapnya. (Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini