Maya: Semoga Pojok Asi Disdik Sebagai Penyemangat dan Inspirasi Bagi Kantor lainnya di Batu Bara

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Maya Indriasari Zahir, SE usai mengunjungi Acara Pelatihan Pembuatan APD dan Masker Serta serah Terima Mesin Jahit Kepada Pelaku Industri yang Terdampak COVID-19 Bertempat di Aula Disdik - Perupuk Batu Bara, saya bangga melihat pemanfaatan Ruangan ini. Sangat menginspirasi saya karena ini salah satu program TP-PKK Kabupaten Batu Bara agar di lingkungan perkantoran, perusahaan maupun di tempat umum ada disiapkan ruang pojok ASI/Laktasi seperti ini.

Hal tersebut dikatakan Ketua TP-PKK Ny. Maya Indriasari Zahir, S.E., saat melihat langsung keberadaan Ruang Pojok ASI Disdik Batu Bara di Perupuk, Kamis Petang (1/10/2020).  

Menurut Maya saya mengamati, keberadaan Pojok ASI atau Ruang Laktasi di tempat bekerja atau di tempat umum yang ada di Batu Bara ini baru Dinas Pendidikan di bawah Kepemimpinan Pak Ilyas Sitorus yang ada. Saya sudah banyak jalan menghadiri kegiatan baik di kantor Desa, Kecamatan maupun Dinas, ya baru ini yang memikirkan ruang pojok ASI atau Laktasi bagi kaum ibu muda menyusui. Jadi saya memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan yang sudah menyulap  kolong menjadi ruangan yang sangat bermanfaat, puji Maya sembari melihat dan mengamati ruangan pojok ASI. 

Sentuhan dan Inovasi Kadisdik Pak Ilyas Sitorus ini awalnya membuat Saya berfikir "Kolong kok di pasang kaca keliling ya ? Untuk menjawab keingin tahuan saya, saya bertanya ke Pak Ilyas lalu diterangkan dan saya bertambah ingin tahu lalu kami melihat bersama-sama dengan Pengurus TP PKK, Kadisdik dan rombongan lainnya. Ternyata luar biasa, begitu saya masuk ruangannya nyaman sekali, ada alat pendingin lebih dari cukup, ada 2 Pojok ASI/Laktasinya ada toiletnya ada ruangan bermain bagi anak-anak. Pokoknya saya senang dengan suasana ini.

Oh iya saya lupa, terimakasih BRI Peduli sudah membantu kenyamanan bagi kaum ibu muda yang menyusukan bayi-nya. Itu ada tulisan *Bantuan BRI Peduli*  Maya menujuk bacaan yg ada di AC/Alat pendingin yang jumlahnya empat buah.

Saya harap ini dapat menjadi contoh bagi Kades, Camat, Kadis yang lainnya. Saya bangga dengan pak Ilyas yang mampu berinovasi, teruslah berkarya demi kemajuan Batu Bara ini," ujarnya Maya.

Menurut Ketua TP PKK ini, bahwa ASI memiliki manfaat yang sangat banyak bagi seorang bayi dan ibunya. Tidak hanya sebagai sumber nutrisi bagi bayi, ASI juga turut menjaga kondisi kesehatan bayi dan akan lebih mempererat kedekatan emosional antara ibu dan anak.

Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus, SE mengatakan awalnya ruangan ini adalah lahan kosong. Bangunan utama kantor kita umumnya berkolong dan modelnya panggung, jadi dibawahnya itu biasa  difungsikan sebagai arena parkir kendaraan oleh pegawai maupun tamu, sebut Ncekli. 

Lalu saya ber-inisiatif agar ini bisa bermanfaat sekaligus mendukung program Ibu Ketua TP-PKK yang salah satu setiap kantor, perusahaan dan tempat umum menyediakan ruangan pojok ASI/Laktasi dan sekaligus memindahkan parkir kenderaan kawan-kawan dengan cara saya fan inilah hasilnya.

Masih menurut Mantan Karo Humas Protokol Pemprovsu ini, dalam waktu dekat ruangan ini akan ada arena bermain bagi anak-anak. Ada mainan bola-bola, ada plosotan dan lantainya akan kita lapiran dengan rumput sentetis yang menambah kenyamaan anak-anak nantinya. Disamping itu juga ruangan ini akan kita siapkan beberapa unit komputer dan Wifenya sehingga tetamu atau awak media bisa berselancar di ruangan ini tetapi tidak boleh ke ruangan sebelah, karena itu ruangan omak-omak yang manyusui, guraunya dan semua serentak tertawa.

Alhamdulillah respon tamu atau ibu guru muda yang berurusan ke Disdik sangat baik dan ruangan ini setiap hari dipakai oleh tamu atau guru-guru yang berurusan ke disdik yang memiliki atau membawa anak babynya apalagi ada acara di aula disdik seperti saat ini pasti ibu muda yang membawa bayi-nya singgah ke ruangan ini, kadisdik sambil menunjuk ke beberapa ibu-ibu muda yang sedang bersama babynya.

Awak media menyempatkan menghampiri ibu muda yang bersama bayi-nya dan berbincang sesaat. Ibu muda Juniar dan ibu Latifah dari desa sumber padi Kecamatan Lima puluh bersama bayi-nya mengatakan "kami sonang sekali adonyo tompat menyusui begini, sudahla tompatnyo sojuk, elok, nyaman pulak lagi. 

Kami tadi banyak yang manyusui disini,  pokoknyo rame kami,  sampai tatidur anakku, sebut ibu Juniar. Baru ini ado tompat manyusui anak yang disiapkan pemerintah di batubaroni, tarimokasihlah kami samo Pak Kadisnyo. Paduli Kadistu jang ama kami omak-omak mudo ini, tutur Latifah. kalo tidak ado di ruangan ini,  pastilah susah kami menyusui anak kami, lanjut Latifah.

Turut hadir bersama Ketua TP-PKK Ny. Maya Indriasari Zahir, S.E., Kadisdik Ilyas Sitorus, Kadis Perindag UKM Ahmadan Choir, Camat Lima Puluh Pesisir Syahrizal SH, Kades Pulau Sejuk Siswanto SPd.i, dan awak media yang turut mendampingi kunjungan Maya ke ruang pojok ASI.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini