-->

KPU: Masyarakat Jangan Takut ke TPS, Persiapan Pilkada Medan 98 Persen Rampung

Editor: mediaselektif.com author photo

 

MEDIASELEKTIF.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengajak seluruh masyarakat Kota Medan jangan takut datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilihnya pada, Rabu 9 Desember 2020, dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Demikian Ketua KPU Medan Agussyah Ramadhani Damanik didampingi Komisioner Nana Miranti serta Sekretaris Nirwan kepada wartawan ketika ditemui di gudang logistik ex Bandara Polonia Medan, Senin (7/12/2020).

Dikatakannya, pemilih yang datang ke TPS wajib mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan dilakukan cek suhu tubuh dari petugas.

"Bagi pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat akan ditempatkan di bilik khusus," ungkapnya sembari menyatakan lokasi akan disterilkan terlebih dahulu sebelum buka pemilihan. Warga akan diberikan sarung tangan khusus untuk memegang paku. Usai mencoblos dan memasukkan surat suara ke kontak. Pemilih disuruh membuka sarung tangan dan diteteskan tinta di jari kelingkingnya sebagai bukti telah menggunakan hak pilihnya.

Saat ini, ungkapnya, KPU Medan juga sudah membagikan formulir C-pemberitahuan memilih pada seluruh pemilih yang dibagikan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di masing-masing kelurahan se-Kota Medan.

"Dalam formulir itu tertera jadwal waktu pemilih hadir ke TPS. Meskipun demikian, petugas tetap melayani pemilih yang datang diluar waktu itu selama pemilih datangnya mulai pukul 08.00WIB sampai pukul 12.00 WIB," ungkapnya penggunaan jadwal itu guna mengurangi penumpukan massa di lokasi TPS .

Sedangkan pemilih yang pindah domisili atau tidak mendapat formulir C-pemberitahuan bisa memilih menggunakan KTP sesuai dengan domisili di KTP tersebut. Hal ini selama surat suara atau cadangan surat suara masih tersedia di TPS itu.

"KPU Medan juga men-stanbykan petugas berpakaian alat pelindung diri (APD) hasmat guna mengantisipasi jika ada pemilih yang sakit atau pingsan di lokasi," paparnya serata menyampaikan KPU Medan tetap mengakomodir hak pilih masyarakat yang tengah menderita Covid-19  atau tengah menjalani isolasi mandiri dengan mendatangi rumah sakit atau rumah pemilih yang bersangkutan. 

Terkait jumlah pemilih ini KPU Medan masih berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 atau Dinkes Kota Medan. "Kami masih melakukan pendataan terkait hal ini. Kemungkinan Selasa kita sudah dapat datanya," ungkapnya.

Terkait persiapan Pilkada Medan, sampai hari ini (H-2) diperkirakan sudah 98 persen rampung. Baik dari sisi penganggaran maupun pendistribusian logistik.

"Saat ini, kita sedang mendistribusikan seluruh logistik kotak suara Pilkada Medan ke-151 kelurahan se-Kota Medan. Dua hari sebelumnya juga sudah disalurkan logistik bilik suara dan APD," paparnya.Diharapkan, jelasnya, Selasa sudah rampung semua.

Seremonial pelepasan pendistribusian hari ini dihadiri Sekda Kota Medan, Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap didampingi Komisioner Julius Turnip, Kapolrestabes Medan dan lainnya.(Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini