Bupati Asahan Ikuti Upacara Harkitnas ke-113 Secara Virtual

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-113, Rabu, (20/5/2020)

Pelaksanaan Harkitnas ini diikuti oleh seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia secara virtual dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes). Upacara Harkitnas secara virtual di Kabupaten Asahan diikuti Bupati Asahan Surya, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar dan unsur forkopimda Kabupaten Asahan.

Dalam sambutannya Menteri Kominfo RI , Johnny G. Plate sebagai Inspektur Upacara menyampaikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh. 

Ia mengatakan dengan tema "Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”, mengingatkan bahwa semangat kebangkitan nasional mengajari kita untuk selalu optimis menghadapi masa depan.

"Kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini, "katanya.

Masih kata Johnny G Plate menyampaikan tangguh dalam menghadapi pandemi covid-19, karena pandemi yang sudah melanda secara global lebih dari setahun. Untuk itu, menghadapi ancaman gelombang baru pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

Menkominfo juga mengatakan, selama masa pandemi, masyarakat harus tangguh terhadap beredarnya banyak informasi, disinformasi dan hoaks.

Kekominfo Johnny G Plate juga mengajak masyarakat untuk manfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak agar terhindar dari berita hoaks.

"Katakan tidak pada segala jenis hoaks, ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang diisi dengan hal bermanfaat untuk kemajuan ekonomi, secara khusus ekonomi digital yang berkembang dari waktu ke waktu, "ungkapnya.

Ia mengatakan, tangguh dalam kebersamaan untuk memulihkan ekonomi nasional merupakan salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah ekonomi digital.

Masih kata dia, ditengah pandemi, bisnis dagang berbasis digital ini bahkan diproyeksi tumbuh 33,2 persen dari 2020 yang mencapai Rp 253 triliun menjadi Rp 337 triliun pada tahun 2021. Peningkatan jumlah transaksi lewat e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akseptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking.  

Selanjutnya Menkominfo Johnny G Plate mengatakan pandemi covid-19 berhasil memaksa kita untuk mengubah kebiasaan - kebiasaan kita secara drastis, seperti interaksi fisik atau tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini