Vaksinasi Massal di Kabupaten Karo Semangat Baru Menghadapi Pendemi Covid-19

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Karo, Cory S Sebayang kembali meninjau pelaksanaan vaksinasi masal COVID-19, Rabu (23/06/2021) di Stadion Samura, Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Kehadiran Bupati Karo juga dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke 75 dengan melakukan Vaksinasi Massal yang dilakukan dalam 3 hari mulai tanggal 23 -24 Juni sampai dengan 26 Juni 3021. Program "Vaksinasi Covid-19 dan Protokol Kesehatan" ditargetkan mampu mencegah atau meminimalisir penyebaran Virus Corona.

Bupati Karo Cory Sebayang menyebutkan,“kami meminta kepada seluruh masyarakat turut bekerjasama, menjalan proses vaksinasi ini. Jangan takut di vaksin ini aman dan halal, begitupula jangan pernah percaya akan isu negatif atau hoax yang tidak terbukti benar tentang Vaksin Covid-19 ini.” 

Dalam kegiatan ini Bupati Karo Cory Sriwati Br Sebayang didampingi Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, beserta Kapolres Tanah Karo AKBP. Yustinus Setyo, S.H, S.I.K, Dandim 0205/TK KAV. Yuli Eko Hadiyanto, S. Sos, Waka Polres Tanah Karo Kompol. Aron T.T. Siahaan, S.H, Kabag Ops Polres Tanah Karo Kompol D. Munthe, S.H, Kasat Binmas Polres Tanah Karo AKP Budianta, Kasi Propam Polres Tanah Karo E. Situmorang, Para Personil Polres Tanah Karo, Kadis Kesehatan Pemkab Karo, drg.Irna Safrina S.Miliala, Kes, Kabid P2P Dinas Kesehatan Karo Arie Onausis. 

Kegiatan vaksinasi massal ini dikerahkan 8 Tim Vaksinator terdiri dari 6 Tim dari Dinkes Karo, 1 Tim dari Urkes Polres Tanah Karo dan 1 Tim dari Poskes Kodim 0203/TK. Pelaksanaan Vaksinasi ini melalui beberapa tahapan. Vaksinasi Dosis ke I terhadap Masyarakat Lansia Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, dipimpin oleh Ketua Team Vaksinator Kepala Puskesmas Kabanjahe dr. Lapan Tarigan (Kepala Puskesmas Kabanjahe) dengan tahapan :

a. Pendaftaran Peserta Vaksin.

b. Screening / Pemeriksaan kesehatan terhadap peserta.

c. Pemberian Vaksin Covid 19 Dosis ke-1 dengan cara di Suntik.

d. Pencatatan Register serta Pemberian sertifikat Vaksin Covid 19.

e. Observasi Pasca Vaksin selama 30 Menit.Vaksinasi ini diprioritaskan bagi kalangan Lansia, dilanjutkan Pra Lansia Umur 50 tahun ke Atas. 

Adapun jumlah massa yang divaksin hari ini 1221 orang. Total Massa yang telah divaksin  tertanggal 23 Juni 2021 sebanyak 1612 orang, dengan Perincian lansia  434 orang, pra Lansia 575 orang, masyarakat umum dan lainnya 212 orang. Kegiatan berakhir pada Pukul 16.00 Wib, dan kegiatan vaksinasi massal dilanjutkan kembali esok hari yang dilaksanakan pada tempat dan dengan sasaran yang sama. 

Salah seorang masyarakat penerima vaksinasi covid-19, Armi Tarigan warga Jalan Samura, Kabanjahe, Kabupaten Karo menuturkan bahwa program vaksinasi telah disosialisasikan aman dan halal untuk kekebalan tubuh dan menjadi semangat baru menghadapi masa pendemi covid saat ini. Diharapkan Vaksinasi ini diberikan menyeluruh terhadap semua kalangan masyarakat, agar aktivitas sosial dan pemulihan perekonominan dapat kembali normal.

"Awalnya saya agak ragu dengan vaksinasi covid ini, dan setelah disosialisasikan dengan baik saya turut divaksin bersama keluarga dan kerabat. Mari kita seluruh masyarakat ikut divaksin dengan harapan pendemi covid ini segera berlalu, agar aktivitas dan perekonominan dapat kembali normal," harap Armi Tarigan.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini