Cegah Kelangkaan BBM, Pertamina Optimalisasi Mobil Tangki

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - PT Pertamina (Persero) mengoptimalisasi mobil tangki dan menambah jam kerja fuel terminal BBM juga kita lakukan guna mengantisipasi ke kosongan bahan bakar minyak (BBM) di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Medan masih terjadi. 

Demikian Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Taufikurachman kepada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Dikatakannya, belakangan terjadi peningkatan konsumsi Gasonline diangka 9 persen dan Gasoil hingga mencapai 10 persen.

Akibatnya, terjadi kekosongan di sejumlah SPBU di Medan salah satunya di SPBU Jalan Karya Wisata Medan sekitar pukul 10.00WIB.

Di samping itu, faktor cuaca yang kurang bersahabat belakangan ini seperti menjelang weekend kemaren sehingga menyebabkan kapal tanker pembawa BBM Pertamina tidak bisa berlabuh.

"Tapi Alhamdulillah, semuanya sudah berlangsung baik. Ke depan harapan kita bisa berlangsung baik," paparnya sembari menyampaika info lapangan BBM juga terus dilakukan pengiriman sehingga suplai BBM ke SPBU tidak ada hambatan.

Sebelumnya, ia mengutarakan pasca PPKM level 3 PT Pertamina Patra Niaga area Sumatera bagian Utara (Sumbagut) mengklaim konsumsi BBM di wilayah Sumatera Utara (Sumut) meningkat.

Ia menyebutkan, rata-rata penyaluran harian BBM di Sumut hingga akhir September untuk Gasoline mencapai 4661 Kilo Liter (KL), sedangkan Gasoil sebanyak 3279 KL.

Sementara itu, berdasarkan pantauan wartawan di salah satu SPBU Jalan Sisingamangaraja samping KFC, Selasa malam, SPBU itu sudah kehabisan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite dan Premium sejak siang tadi. Tampak dua para petugas SPBU menghentikan setiap kendaraan yang mau masuk SPBU sambil menyampaikan hanya Pertamax yang ada.

Seperti diketahui, hal serupa juga terjadi sehari sebelumnya. Di mana  berdasarkan pantauan wartawan di salah satu SPBU yang mengalami kekosongan terlihat di Jalan Yos Sudarso simpang Jalan Bilal, Senin (4/10) tampak triplek bertuliskan  “Habis” dipasang petugas SPBU sebagai informasi kepada calon konsumen yang berniat mengisi BBM. 

Selain di SPBU Jalan Bilal simpang Jalan Yos Sudarso, kekosongan Pertalite juga terpantau di SPBU di Jalan Kapten Muslim. Akibatnya, pengemudi becak bermotor terpaksa mengisi BBM jenis Pertamax agar tetap bisa beroperasi.

Kekosongan BBM terutama jenis Pertalite seyogyanya sudah terjadi sejak pekan lalu. 

Secara terpisah, salah seorang pengusaha SPBU yang identitasnya tidak ingin disebutkan, di Kota Medan membenarkan kondisi pasokan BBM yang terkendala. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini