Kampus USU Tambunan Terbakar

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Gedung Kantor Pengelola Perkembunan Percobaan Universitas Sumatera Utara (USU) Tambunan A Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat, Rabu (12/1/2022) terbakar.Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin SSos MSi bersama Wakil Rektor I Dr Edy Iksan kepada wartawan ketika dihubungi, Rabu (12/1/2022) membenarkan hal itu.

Dikatakannya, gedung yang terbakar kesehariannya digunakan sebagai perkantoran perkebunan yang merupakan unit Usaha USU.

"Ini merupakan kedua kalinya terbakar," tegasnya sembari menyampikan kedepannya kawasan ini akan dikembangkan untuk kawasan perkuliahan.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya tadi pagi juga sudah mepalorkan peristiwa ini ke Mapolres Langkat.

"Saat ini pihak kepolisian tengah menyedilidiki penyebab kebakaran dengan memeriksa sejumlah saksi," tegasnya sembari menyampaikan pihaknya khsusunya bidang ases saat ini juga tengah menginventarisir barang-barang yang terbakar guna menaksir jumlah kerugian materil yang diderita USU akibat kebakaran ini.

Terkait adanya dugaan kebakaran ini disengaja dibakar oknum atau orang tidak bertanggung jawab (OTK), Rektor tidak mau menduga-duga. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian guna mengungkap penyebab kebakaran.          

"Kita serahkan kepada polisi untuk mengungkapnya," tegasnya seraya menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Sebelumnya, saat kunjungan rektor dengan naik trail ke kampus itu, ia menyampikan berencana membuka kampus itu dengan perkuliahan dan langsung praktik guna mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang perkebunan.

 Ia menyebutkan, selain akademisi, juga perkebunan Tambunan ini akan dijadikan sebagai unit bisnis. 

"Kita sengaja menggunakan trail untuk melihat aset-aset USU yang ada di kawasan itu, selain lebih lincah untuk bergerak dari satu lokasi ke lokasi yang lain, juga untuk berolahraga," ujarnya.

Muryanto mengatakan, USU akan terus melakukan kemajuan guna internasionalisasi perguruan tinggi. "Saya akan sering meninjau aset yang dimiliki oleh USU, di antaranya kawasan Tambunan, Langkat. Ini sebagai salah satu cara untuk memajukan pendidikan," kata mantan Dekan FISIP USU itu.

Kebun Percobaan USU Tambunan A, Kabupaten Langkat memiliki luas 555 hektare, dan jaraknya sekitar lebih kurang 70 kilometer dari Kampus USU di Medan. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini