Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan Gelar Bimtek Pengelola Arsip

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM --Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Bimtek Pemberdayaan Kapasitas Unit Kearsipan dan Lmbaga Kearsipan Daerah Kabupaten Asahan di aula hotel Antariksa Kota Kisaran, Rabu (30/3/2022)

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan Misli M. Noor, mengatakan Bimtek tersebut untuk memberikan pemahaman akan pentingnya akuisisi/penyelamatan arsip, mengelola arsip yang semula bisu, usang dan tidak teratur menjadi informasi yang segar, hidup dan bahkan bisa memunculkan pemahaman yang semula belum terungkap secara jelas.

Misli M Noor juga menjelaskan bahwa bimtek tersebut untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya arsip untuk bahan penelitian, sumber informasi, kajian pengembangan ilmu pengetahuan dan menyelamatkan arsip Kabupaten Asahan.

Sementara itu, Bupati Asahan Surya melalui Staf Ahli Bupati Asahan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Edi Sukmana, mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang pengelolahan arsip sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan, maka bimtek sangat diperlukan.

Dikatakannya juga Bimtek bisa menambah pengetahuan tentang pengelolaan kearsipan, meningkatkan pemahaman Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan serta meningkatkan penyelenggaraan kearsipan OPD yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan stadar kearsipan nasional.

Selanjutnya, Edi Sukmana berharap peserta harus dapat memahami prosedur yang benar dan kedepannya tidak ada lagi pengiriman arsip ke Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dalam bentuk berkas yang tidak sesuai dengan aturan.(SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini