BPBD Karo Simulasi Komunikasi Bencana Terpadu

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan simulasi komunikasi bencana terpadu melalui pembentukan Pusdalops BPBD Kabupaten Karo diruang rapat Bupati Karo Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Jumat (22/04/2022). Pelatihan ini dikhususkan untuk 17 orang peserta yang terdiri dari BPBD, PMI, GBKP dan radio komunitas seperti ORARI, RAPI, dan Radio Kekelengen.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Karo Juspri Nadeak mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pihak UPN”Veteran” Yogyakarta yang diketuai Associate Profesor Dr Puji Lestari yang sudah membantu BPBD Kabupaten Karo untuk mulai membentuk Pusdalops. Mengingat BPBD Kabupaten Karo belum membentuk Pusdalops padahal BPBD Kabupaten Karo sudah berdiri sejak tahun 2014.

Nadeak berharap sesudah pelatihan dan simulasi yang diikuti oleh pegawai BPBD Kabupaten Karo dapat dimanfaatkan ketika Pusdalops sudah dibentuk. Para kepala bidang yang ada di BPBD Kabupaten Karo diperintahkan untuk memantau aktivitas pelaksanaan Pusdalops dan dilakukan koordinasi setiap bidang yang terlibat dalam pembentukan posdalops. Kerja sama dan koordinasi antara BPBD dan stake holder seperti PMI, GBKP dan radio komunitas dapat terus terjalin dengan baik serta pihak UPN Veteran dan fasilitator tetap memantau pelaksanaan pembentukan Pusdalops di Kabupaten Karo.

Associate Profesor Dr. Puji Lestari, SIP. M.Si yang juga merupakan ketua peneliti hibah PTUPT dari DRTPM Dikti Tahun 2022 usai melaksanakan simulasi menyatakan kegiatan simulasi, pelatihan dan pertemuan FGD  yang sudah dilaksanakan selama beberapa hari di Kantor Bupati Karo merupakan serangkaian kegiatan yang dibiayai oleh UPN Veteran Yogyakarta dan DIKTI Jakarta untuk membantu Pemkab Karo. Hal ini dilakukan mengingat keterbatasan anggaran di BPBD Kabupaten Karo sehingga kegiatan ini tidak membebani di APBD Kabupaten Karo.

Pelaksanaan aktivasi pusdalops Karo dapat segera ditindaklanjuti seperti harapan para fasilitator Indrayanto dari BPBD Provinsi DIY dan fasilitator Dikau Mahardika dari BPBD Kabupaten Sleman. Selama proses pembentukan Pusdalops BPBD Kabupaten Karo, para fasilitator akan memantau dan melakukan evaluasi secara terus menerus. DIrencanakan kedepannya UPN Veteran Yogyakarta para fasilitator akan datang kembali ke Kabupaten Karo untuk memantau perkembangan aktivasi Pusdalops BPBD Kabupaten Karo.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini