W20 Summit, Edy Rahmayadi: Buka Mata Semua Orang Soal Hebatnya Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta semua pihak harus memaksimalkan kegiatan Women20 (W20) Summit, untuk membuka mata dunia tentang Sumatera Utara (Sumut), khususnya terhadap kawasan Danau Toba.

W20 Summit sendiri diselenggarakan di Parapat dari tanggal 18 sampai 21 Juli. Puluhan delegasi dari negara-negara anggota Group of Twenty (G20)  akan hadir pada acara ini membahas isu-isu kesetaraan gender, pembangunan perempuan, pertumbuhan inklusif perempuan, wanita pedesaan dan disabilitas serta kerja sama ekonomi.

“Kita harus bisa membuka mata semua orang bagaimana hebatnya Sumut. Tanpa event seperti ini sulit mengumpulkan tokoh-tokoh internasional, karena itu semua pihak perlu berkontribusi,” ungkap Edy Rahmayadi, saat konferensi pers di Halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Rabu (15/6/2022).

Ajang ini juga menurut Edy Rahmayadi, menjadi wadah untuk mempromosikan Sumut, khususnya Danau Toba. Bukan hanya terkait alam, tetapi juga budaya dan infrastruktur, karena itu persiapannya harus benar-benar matang.

“Promosi itu mahal dan kali ini kita dipromosikan W20, jadi jangan disia-siakan. Perkenalkan kebudayaan kita, alam kita dan tentu infrastruktur kita harus memadai,” kata Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Chairwoman W20 Hadriani Uli Silalahi mengapresiasi kesiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu)  untuk event W20 Summit. Menurutnya, dukungan Pemprovsu untuk menyukseskan event internasional ini maksimal.

“Kami apresiasi kesiapan Sumut menjadi tuan rumah W20. Secara teknis Sumut sudah siap dan dukungan yang diberikan sangat luar biasa,” kata Hardiani Uli Silalahi saat konferensi pers.

Menurut keterangan Uli, sampai saat ini sudah sudah 15 negara yang mengonfirmasi hadir secara langsung di Parapat. Sebagian negara juga mengirim lebih dari tiga delegasinya untuk seperti Amerika Serikat tiga orang, India enam orang dan Italia delapan orang.

Uli mengakui persiapan W20 Summit di Danau Toba lebih sulit karena di empat kota sebelumnya dilakukan secara virtual. “Ini lebih sulit tentunya karena di Likupang, Banjarmasin, Manokwari, Kota Batu dilakukan secara virtual. Saya terharu dengan dukungan yang diberikan Pemprovsu yang sudah mendukung sejak tahun lalu. Sumut sudah siap jadi tuan rumah,” kata Uli.

 Hadir pada konferensi pers W20 ini Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintah Binsar Situmorang, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaiman Turnip. Hadir juga tim W20 dan juga OPD terkait Pemprovsu.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini