Pemkab Samosir Terapkan Urban Farming Atasi Inflasi Pangan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF. COM - Menghadapi dan mencegah krisis pangan (Inflasi Pangan) yang sudah berdampak  secara nasional, Pemerintah Kabupaten menerapkan Urban Farming (usaha pertanian di perkotaan) dimulai dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) melalui Urban Farming ditandai dengan pembagian bibit cabai kepada seluruh OPD di Kabupaten Samosir. Selain itu juga dibagikan dan diterima langsung oleh Ketua DWP, Ketua PKK, Ketua Bhayangkari , Ketua Persit Candra Kirana di Aula Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Rabu (16/11/2022). 

Bupati Samosir melalui Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom bersama perwakilan BI Sibolga, Mustafa  memberikan bibit cabai sebanyak 3.750 batang kepada masing-masing penerima. Tumiur menjelaskan, bantuan bibit cabai tersebut merupakan kerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia  Sibolga. Selain bibit, juga disediakan pupuk kompos dan  polibeg sebagai media tanam.

Tumiur menambahkan, selain akibat perang,  inflasi pangan diakibatkan gas kaca yang berdampak pada pertanian serta kelangkaan pupuk kimia. Urban Farming Komoditi cabai merupakan tindakan menghindari inflasi pangan. Selain cabai, juga dianjurkan untuk  menanam bawang merah bagi seluruh instansi di Kabupaten Samosir.

 "Jika keluarga demi keluarga dapat menanam dan hasilnya cukup untuk diri masing masing, maka inflasi pangan ini akan dapat teratasi" tambah Tumiur.

"Keberhasilan tanaman cabai tergantung pada tanah, bibit dan  orang. Terlebih orangnya, bagaimana merawat. Dengan perawatan yang bagus maka hasilnya akan memuaskan. Untuk itu, mari kita berikan hati untuk merawat tanaman cabai in,i" ajak Tumiur. 

Sementara itu, Mustafa dari Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, menyampaikan kerjasama dengan Pemkab Samosir untuk menanam cabai  dalam rangka  mewujudkan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Indonesia. GNPIP yang diinisiasi Bank Indonesia mengoptimalkan Sumber Daya Alam.

Menurutnya, dengan ketersediaan pangan yang cukup maka nilai rupiah akan stabil. Hal ini membuat  Bank Indonesia untuk membuat aksi nyata stabilitas pangan.

Untuk menyemangati dan memotivasi penanaman cabai di Kabupaten Samosir, Mustafa akan mendukung perlombaan penanaman cabai terbaik yang akan dilaksanakan Dinas Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir.

"Saya minta, kita harus serius. Menanam cabai itu agak susah, sehingga kita harus menyatu. Berinovasi untuk menjaga dan merawat" ucap Mustafa.

Ketua Bhayangkari Cabang Samosir, Yuli Josua Tampubolon mendukung pelaksanaan Urban Farming di kabupaten Samosir. Yuli sangat tertarik untuk menjaga ketahanan pangan dan sudah hampir satu tahun merintis  pekarangan pangan lestari (P2L) dipekarangan Perumahan Polres Samosir.  "Pekarangan Pangan Lestari sangat berguna, hingga saat ini sudah banyak hasil," kata Yuli.

Untuk mewujudkan ketahanan pangan, Yuli berharap adanya sinergitas seluruh pihak  dengan Dinas Pertanian Kabupaten Samosir. Saling membagi Ilmu sehingga tercipta  ketahanan pangan dan tidak vakum.(HTS/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini