Dana Perbankan Secara Nasional Untuk Syariah Cukup Besar

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Deputi Direktur Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Poltak Sitanggang di acara love streaming pada tanggal 17 Juli 2023 dalam acara Smart Syariah.

Poltak mengatakan Bank Indonesia Sumatera Utara secara halal berkontribusi sekitar 25 persen dari perekonomian halal mencapai sebesar Rp 5 triliun lebih. Sedang Bank Indonesia kantor perwakilan Sumatera Utara perkembangannya hanya 5,3 persen ditahun 2023, diharapkan hanya sebesar Rp5,250 triliun, demikian penjelasan Poltak Senin (18/07/2023)

Untuk perkembangan selanjutnya di Sumatera dari produk halal foodchengar hanya tumbuh sekitar 5 persen atau sama Nasional. 

Jadi Bank Syariah hanya tumbuh sebesar 14- 16 persen.Jadi jika dilihat untuk tahun 2022 mencapai sekitar Rp 477 triliun dan tahun 2023 ditargetkan sebesar Rp 540 triliun dan ini optimis karena dilihat dari jumlah penduduk yang mayoritas muslim, sebab kita tidak menjadi konsumen semata.

Ditarget Pemerintah melalui KMKMS di Sumatera terdiri dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu dan Provinsi lainnya. 

Selain itu, dengan adanya acara yang akan digelar tanggal 20 hin─Łga 23 Juli 2023 diharapkan menjadi peningkatan ekonomi yang berbasis Islam walaupun pemanfaatan orang dari agama lain. Selain itu penguatan ekosistem halal value checernya Sumatera Utara adalah lembaga seperti Bank Indonesia, kementerian Keuangan dan kementerian lainnya.

Peranan BI sebagai kantor pelaksana sehingga merangkap lebih cepat mempertahankan pengusaha yang bergerak ekonomi syariah dengan perbankan syariah atau lembaga syariah lainnya, pesantren, perusahaan baik  tujuan utama untuk mempercepat  targetnya.

Ekonomi syariah terbuka dengan agama lainnya dengan sifatnya inklusif.

Acara ini berlangsung ditiga tempat yakni 1 Istana Maimun 2 Jalan Mesjid Raya dan ketiga Plasa Medan Fair. 

Sampai saat ini pihak bersama pemarintah kota Medan telah memberikan sekitar 2000 sertifikat halal bagi UMKM dari yang ditargetkan sebanyak 1555 UMKM.(BR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini