Dinas Tenaga Kerja Koperasi & UMKM Sergai Lakukan Pelatihan Bagi Para Pelaku UMKM Untuk Meningkatkan Daya Saing

Editor: mediaselektif.com author photo

 

Oleh : Ali Amran 


MEDIASELEKTIF.COM - Sebagai Upaya Mewujudkan Usaha Mikro Kecil dan  Menengah (UMKM ) yang Tangguh dan Berdaya Saing, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai ( Pemkab Sergai ) Melalui Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Sergai, Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM H. Ikhsan AP  ketika ditemui awak Media dia menjelaskan  bahwa saat ini UMKM sedang kita lakukan Pembinaan beberapa tempat Kuliner , di Kota Rampah.

Akan kita buka Food Cord istilahnya tempat Nonkrong jajanan malam pada tanggal 14 Agustus 2023 dan untuk sekalian memperingati hari Hut RI ke 78 . 

Nantinya akan dibuka oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya, pendaftaran bagi para pedagang makanan siap saji sudah kita lakukan diperkirakan akan ada lebih kurang sekitar 80 orang pedagang Kuliner yang beragam.

Terkait membahas kerjasma pemasran Produk UMKM di Kabupaten Serdang Bedagai serta melibatkan perangkat daerah maupun Stakeholder terkait dari Dinas Ketenagakerjaan , Koperasi dan Usaha Mikro masing masing menghadirkan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sergai Ny Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya.yang hadir dalam kesempatan tersebut dan sekaligus menyampaikan bahwa UMKM di Sergai harus berdaya saing dan mengingat potensi UMKM tentunya mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Nantinya Produk produk yang dihasilkan dari UMKM dapat dipromosikan dan dipasarkan di Gerai-Gerai Alfamart dan Alfamidi di Sergai sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi Sebut Rosmaida.

Lanjut sebut Hj. Rosmaida bahwa Dekranasda Kabupaten Serdang Bedagai siap Membangun dan Memfasilitasi kerjasama dengan pihak pihak yang berkepentingan hal juga mewujudkan sebagai Visi Bupati dan Wabup Sergai yang tertuang didalam Sapta Dambaan.

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Serdang Bedagai dalam beberapa tahun terakhir ini menunjukkan  peningkat, Namun Pertumbuhan ekonomi saat itu dimasa Pademi Covid-19 menurun , dan Saat ini setelah masa pendemi Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Serdang Bedagai Naik kembali diperkirakan sebesar 2,87 persen, unggul dari rata rata laju pertumbuhan Provinsi Sumut yang ada di angka 2.61 persen katanya.

H.Ikhsan AP mengatakan sedangkan total Industri kecil menengah di Sergai Hingga saat ini ada beberapa UMKM yang sudah menerapkan go Digital , bahwa dalam era Digital saat ini mengutamakan ekonomi kreatif atau yang biasa disebut di singkat Ekraf dan sudah tak asing ditelinga untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM kita lakukan Pelatihan - Pelatihan sehingga nantinya para pedagang dapat merubah teknik daya saing.

Kabupaten Serdang Bedagai berupaya UMKM di Sergai tidak mau kalah dengan Kabupaten lain, walaupun masih seumur Jagung masih terbilang usia 19 tahun, Kabupaten Sergai tetap ikut Even even apapun di Kancah Ekonomi daya saing, untuk kedepannya mari kita lihat UMKM di Sergai maupun sekarang Usaha Kecil sudah mulai menjamur dapat dilihat di malam hari, siap saji tersedia di Kota Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, suatu kebanggan bagi Rakyat Sergai semenjak Bupati H. Darma Wijaya dengan Pasangannya Adli Tambunan UMKM bermunculan dan kehidupan masyarakat jauh semangkin berubah, ungkap Ikhsan

AP menyebutkan UMKM siap saji di Kota rampah ramai sehingga Nampak Kabupaten Sergai pelan pelan mulai maju dengan adanya UMKM siap saji para komsumen hanya tinggal memilih dengan cara tidak begitu jauh dari tempat tinggalnya.

Dikisahkan beberapa tahun kebelakang Dalam masa pandemi Covid-19 serta terjadinya inflasi di Indonesia telah berpengaruh besar bagi semua kalangan, terutama bagi para pelaku usaha yang telah mengalami kesulitan dan kerugian ekonomi.

Oleh karena itu, ia menyebut pemerintah berupaya memberikan dukungan untuk mendorong kebangkitan masyarakat terutama para pelaku UMKM dan pedagang pasar dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah pasca pandemi Covid-19 serta menghadapi inflasi “Pemkab Sergai melalui Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Sergai akan menyerahkan Penghargaan berbentuk Sertifikat kepada peserta Pelatihan UMKM dan kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), serta bantuan sosial sektor UMKM kepada para pedagang pasar dengan harapan agar bantuan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi serta pertumbuhan ekonomi,” terang Bupati.

Bupati juga meminta agar Disperindag dan TP-PKK Sergai beserta OPD terkait lainnya dapat bersinergi terus dalam pemanfaatan bantuan peralatan produksi dan bantuan sosial untuk kemajuan dan kesejahteraan IKM serta pedagang.

“Saya juga berharap agar kegiatan ini meningkatkan ikatan dan kerjasama antara pemerintah, para pelaku UKM dan pedagang pasar, demi Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius,” tambah Bupati.

Terakhir, Bupati berpesan agar UMKM dapat mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam memproduksi barang sesuai dengan kebutuhan pasar, demikian juga dengan legalitas usaha agar dilengkapi oleh pelaku UMKM, baik itu nomor induk berusaha (NIB), izin edar, dan sertifikat halal untuk produk makanan dan minuman, sehingga pemasaran produk dapat berkembang dengan pangsa pasar yang lebih luas dan bisa memasuki pasar retail atau pasar modern.

“Kami juga berharap agar para pedagang pasar dapat terus mematuhi peraturan yang berlaku, seperti kepemilikan kartu hak sewa (KHS) dan pembayaran retribusi daerah harian kepada petugas retribusi di pasar rakyat masing-masing. Diharapkan juga kepada para pedagang pasar agar senantiasa menjaga kebersihan keamanan, dan ketertiban pasar rakyat,” tandasnya.

Menerangkan  sasaran dari kegiatan ini adalah para pelaku IKM dan pedagang pasar Sergai dengan rincian dari Kecamatan Sei Rampah sebanyak 19 orang; Kecamatan Perbaungan sebanyak 3 orang; Dewan UKM Kabupaten Sergai; serta pedagang pasar rakyat Sei Rampah  Pedagang pasar,” jelasnya  Pelaksanaan Bazar Kampung Ramadan Dambaan sebagai salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai (Sergai) terhadap kebangkitan Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM).

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sergai H Darma Wijaya membuka secara resmi Bazar Kampung Ramadan Dambaan di Komplek Masjid Agung Sergai,Pelaksanaan Bazar Kampung Ramadan ini dimulai 24 Maret hingga 17 April 2023, dengan melibatkan pelaku UMKM Sergai. suci Ramadan.

Darma Wijaya menyebut jika Ramadan tahun ini cukup meriah. Beberapa waktu lalu, katanya lagi, di Kecamatan Tanjung Beringin juga melaksanakan Pawai Obor yang di ikuti oleh ribuan umat Islam dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut andil untuk menyukseskan kegiatan Bazar Kampung Ramadan ini. Harapan kita bersama, semoga UMKM terus bangkit dan masyarakat makin sejahtera,"kata Bupati Sergai didampingi Wakil Bupati (Wabup) Adlin Umar Yusri Tambunan dan Sekdakab, H M Faisal Hasrimy.

Pembukaan Bazar Kampung Ramadan Dambaan ditandai dengan pengguntingan oleh Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan yang disaksikan oleh Bupati dan Wabup Sergai, unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj Rosmaida Darma Wijaya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat serta undangan lainnya. Acara dilanjutkan dengan meninjau stand UMKM yang menjual berbagai macam makanan mulai dari takjil seperti aneka kue, minuman, makanan sebagainya.

Kegiatan berlangsung meriah dengan kehadiran masyarakat yang antusias dari berbagai daerah yang berburu takjil untuk berbuka puasa maupun masyarakat yang bersantai sore sembari menunggu waktu berbuka puasa. Tak hanya masyarakat, ribuan ASN Pemkab Sergai juga turut serta memerihkan gelaran ini.(AA/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini