-->

PD PPM Sumut Prihatin Atas Kejadian Pembunuhan di Ajinembah

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Pasca peristiwa perkelahian berdarah di Desa Ajinembah Kecamatan Merek Kabupaten Karo yang menewaskan korban  Jupri Bangun, menuai keprihatinan dari Pengurus Daerah Pemuda Panca Marga Sumatera Utara (PD PPM Sumut), Rabu (22/4/2020).

Korban yang merupakan tulang punggung keluarga tewas mengenaskan. Meninggalkan duka seorang istri dan tiga orang putri yang masih belia. Sebagai bentuk empati dan kepedulian atas peristiwa tersebut Pengurus Daerah Pemuda Panca Marga Sumatera Utara (PD PPM SUMUT) memberikan bantuan tali asih kepada keluarga korban. Tali asih ini diberikan Ketua PD PPM SUMUT Tirtayasa Sembiring dan Komandan Resimen Yudha Putra PPM SUMUT Danu Sebayang SH MH.

Rombongan PD PPM Sumut, PC PPM Tanah Karo dan Maran PPM Kabanjahe saat tiba dirumah duka di Desa Rimokayu Kecamatan Payung Kabupaten Karo, disambut haru oleh keluarga korban dan terlihat suasana duka begitu dalam. Kehadiran dan penyaluran tali asih Ormas anak cucu pejuang ini menunjukan kepedulian nyata kepada keluarga mereka.

N.Bangun (60) orang tua korban menuturkan bahwa sebelum peristiwa pembunuhan telah terjadi pelecehan seksual cucunya (anak korban) yang diduga dilakukan oleh salah satu pelaku pembunuhan   dan telah dilaporkan ke kepolisian. Istri korban dan cucunya saat ini sedang berada di Mapolres Karo memenuhi panggilan penyelidikan kepolisian.

“Keluarga yang lain mendampingi mereka ke Mapolres Tanah Karo, entah itu masalah yang menimpa cucu saya atau karena terkait pembunuhan anak saya, kami belum tahu. Seminggu berlalu sejak pengaduan pelecehan seksual cucu saya yang masih berumur 4 tahun. Pengaduan didampingi kepala desa dan warga karena korban pelecehan tidak hanya cucu saya saja. Namun hingga terjadi peristiwa tragis tersebut, masalah cucu saya belum juga ada kejelasan,” kenangnya berurai airmata.

Keluarga korban berharap pelaku pelecehan seksual yang menimpa cucunya segera diproses, agar tidak ada lagi anak – anak yang lain mendapatkan perlakuan tidak adil, sehingga tidak menimbulkan trauma yang mendalam.

Mendengar penuturan orang tua korban, darah para kader PPM kontan mendidih dan berang, dengan tegas Ketua PC PPM Tanah Karo Roy Sadeli Tarigan didampingi Wakil Ketua Jhon Rokcy Pinem, Ketua Maran Kabanjahe Evan Sembiring, Sekjend Maran Kabanjahe Kiki Sembiring, Bendahara Maran Kabanjahe Defri Barus mengatakan seharusnya pihak yang terkait cepat dan agresif menangani kasus pelecehan anak dibawah umur, dan juga seharusnya menjadi tanggungjawab dari Dinas  Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Karo.

“Dimana peran mereka disaat seperti ini, dan kita ketahui banyak kasus pelecahan yang menguap begitu saja tanpa ada perhatian Dinas tersebut,” ujar Roy Sadeli Tarigan.

Menurut kader PC PPM Tanah Karo bahwa Piagam Penghargaan KLA Kategori Pratama untuk Kabupaten Karo Layak Anak yang diterima Pemkab Karo (23/7/2019) hanya sebatas penghargaan dan sekedar berdasarkan laporan diatas kertas saja.

"Begitu banyak anak-anak yang jadi korban pelecehan seksual yang luput dari Dinas PPPA Kab.Karo, jangan hanya bermain dengan angka – angka untuk pencapaian prestasi yang semu,” Kecam Roy Sadeli Tarigan.

Saat ini PD PPM Sumut menurunkan Kepala Staff Resimen Yudha Putra PPM Sumut Hendrik Caesar Ginting Munthe serta Asisten Operasi Resimen Yudha Putra PPM Sumut Ir Jesaya Sinulingga, agar memantau perkembangan kasus terkait pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur tersebut.

Kepala Staff Resimen Yudha Putra PPM Sumut Hendrik Caesar Ginting Munthe menyatakan akan langsung mempertanyakan kinerja dari PPA terkait pelecehan terhadap anak dibawah umur dan siap mendampingi anak-anak korban pelecahan tersebut untuk mendapatkan keadilan.

Sementara itu Asisten Operasi Resimen Yudha Putra PPM Sumut Ir Jesaya Sinulingga mengatakan, bahwa dirinya sebagai corong dari PD PPM Sumut Ketua Tirtayasa Sembiring dan Komandan Resimen Yudha Putra PPM Sumut Danu Sebayang SH MH dan kelurga besar PPM turut prihatin atas kejadian ini, dan meminta keluarga tetap tabah dan meyerahkan sepenuhnya penegakan hukum kepada aparat terkait.

“Dalam hal ini, Resimen Yudha Putra PPM Sumut siap mengawal proses penegakan hukum demi tegakknya keadilan,” ujarnya. (SKR/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini