Besok, KPU Distribusikan Kotak Suara

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mulai mendistribusikan logistik kotak suara yang berisi surat suara, tinta dan sejumlah formulir perlengkapan penghitungan suara di Tempat Pungutan Suara (TPS) mulai besok, Senin (7/12/2020) pagi.

Rencananya pendistribusian logistik inti Pilkada Medan akan dilepas dan disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan.

Demikian Komisioner KPU Medan Nana Miranti wartawan ketika dihubungi, Minggu (6/12/2020).

"Seluruh kotak suara sebanyak 4.303 unit akan didistribusikan ke 151 kelurahan se-Kota Medan. Selambatnya, Selasa (8/12/2020) seluruh kotak sudah tiba di lokasi penyimpanan di masing-masing kantor kelurahan. Kemudian, Rabu pagi dikirim TPS di mana satu kotak suara satu TPS," ungkapnya sembari menyatakan sampai hari ini penyimpanan kotak suara di masing-masing kantor kelurahan. Guna menghindari kemungkinan kerusakan akibat banjir, kotak itu akan diletakkan di atas lapisan atau meja tidak langsung di semen.

Sampai sejauh ini, ungkapnya, kantor-kantor lurah se-Kota Medan masih merupakan lokasi yang baik untuk penyimpanan kotak suara. Termasuk di kantor-kantor lurah yang berada di kawasan Medan Utara yang diprediksi rawan banjir ternyata masih cukup safety untuk penyimpanan kotak suara.

Lebih lanjut dikatakannya, pendistribusian logistik Pilkada Medan ini sudah dilaksanakan sejak, Sabtu (5/12) yakni pengiriman bilik suara. Kemudian, Minggu (6/12/2020) pengiriman alat pelindung diri (APD). "Lalu, Senin yakni seluruh kotak suara. Di mana dalam pendistribusian logistik ini dikawal aparat keamanan," ungkapnya.

Sebelumnya, KPU Medan juga telah melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan Pendistribusian Logistik Pilkada Medan 2020 yang diikuti Pemko Medan Kabankesbangpol Linmas Sulaiman Harahap, Kabagtapem, Polrestabes Medan, Polresta Pelabuhan Belawan dan PPK di kawasan Medan Utara serta BMKG Sumut, Jumat lalu.Dalam Rakor itu, KPU melaksanakan pemetaan daerah rawan banjir.

"Berdasarkan prediksi BMKG ada 16 kecamatan di Kota Medan yang rawan banjir. Karenanya, kami sudah perintahkan PPK di 16 kecamatan yakni Medan Barat, Medan Baru, Medan Belawan, Medan Deli, Medan Helvetia, Medan Johor, Medan Labuhan, Medan Maimun, Medan Marelan, Medan Perjuangan, Medan Petisah, Medan Polonia, Medan Selayang, Medan Sunggal, Medan Tembung dan  Medan Tuntungan guna melakukan pemetaan TPS yang rawan banjir ini. Termasuk pengamanan penyimpangan logistik Pilkada. Jika memang lokasi TPS merupakan daerah banjir silahkan ubah lokasinya ke tempat yang bebas banjir," ungkapnya.

Sementara itu, Kabankesbangpol Linmas Sulaiman Harahap menyampaikan sampai hari ini, Pemko Medan siap mendukung dan memfasilitasi agar tahapan berjalan baik. Sampai saat ini tahapan Pilkada Medan sudah berjalan baik. "Pemko Medan juga akan terus berkomunikasi dengan KPU Medan dan Bawaslu supaya Pilkada Medan berjalan lancar," ungkapnya.(Irn/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini