Anak - Anak & Remaja Mushalla Al - Muhajirin Rutin Gelar Tadarus Al-Qur’an

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Di bulan Ramadhan ini, umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Dalam rangka menghidupkan malam bulan suci Ramadhan 2024/1445 Hijriah. Sejumlah Anak-anak dan Remaja rutin menggelar tadarusan Al-Qur’an di Mushalla Al-Muhajirin. Jalan Idris, Lingkungan VI, Kelurahan Kwala Begumit, Kecamatan Binjai, Kabupten Langkat, Sumatera Utara, kamis (21/03/2024) malam.

Kegiatan tadarus al-Qur’an secara bersama-sama yang digelar Anak-Anak dan Remaja ini dilaksanakan setelah melaksanakan Sholat Tarawih di Mushalla Al-Muhajirin. 

Terlaksananya kegiatan Tadarus al-Qur’an diharapkan dapat menambah kecintaan anak-anak terhadap Al-Qur’an, disamping itu kegiatan tadarus juga akan menambah semaraknya syiar Islam.

Bahwa al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk bagi manusia. Oleh karena itu sudah sepatutnya bagi kita umat Islam untuk mempelajari al-Qur’an dengan cara membacanya (tadarus), memahaminya  dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Istilah Tadarus sangat populer di bulan Ramadhan. Tadarus biasanya berbentuk sebuah majelis di mana para pesertanya membaca al-Qur’an secara bergantian, satu orang yang membaca dan yang lain turut menyimak.

Keutamaan Tadarus Alquran:

Di bulan suci Ramadan, umat islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah membaca Tadarus Al-quran. Berikut adalah keutamaan dalam Tadarus Al-quran

1. Pahala yang Berlipat Ganda

Pada bulan puasa, semua amal ibadah yang kita lakukan akan berlipat ganda pahalanya, termasuk tadarus Alquran.

Seperti yang diriwayatkan oleh Iman At-Tarmidji dalam hadis Rasulullah SAW, dengan membaca satu huruf Alquran, maka Allah SWT akan melipatgandakan pahala kita dengan 10 kebajikan. 

Tentu, dengan tadarus Alquran secara rutin selama bulan Ramadan, kita akan mendapatkan banyak pahala.

2. Menjalin Silaturahmi

Manfaat lainnya yang bisa kita rasakan adalah menjalin silaturahmi yang mungkin terputus karena kesibukan masing-masing. Tadarus Alquran pada bulan puasa bisa dilakukan bersama-sama di masjid atau musala. Hal ini dapat mempererat hubungan silaturahmi dengan sesama muslim lainnya.

3. Menghindari Gibah

Dengan datang ke masjid atau musola untuk tadarus alquran, kita juga bisa terhindar dari perbuatan dosa seperti gibah. Seringkali kita melakukan gibah bersama teman di waktu luang. Dengan meniatkan diri untuk tadarus Alquran di masjid atau musala, kita bisa menghindari gibah dan perbuatan merugikan lainnya.

4. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan

Manfaat tadarus Alquran lainnya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan lebih banyak tentang Alquran. Kita juga bisa belajar untuk membaca Alquran dan memahami artinya lebih baik dari sebelumnya. Dengan tadarus Alquran, kita bisa belajar dan memahami lebih baik lagi tentang isi Alquran. 

5. Penolong di Hari Akhir

Alquran dapat menjadi penolong di hari akhir nanti. Rasulullah bersabda “Bacalah Alquran oleh kamu sekalian, karena bacaan Alquran yang sering dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolongnya nanti di hari Kiamat nanti. Oleh karena itu, dengan tadarus Alquran di bulan Ramadan, kita bisa mendapat jaminan penolong di hari akhir kelak.

6. Mendapatkan Ketenangan

Membaca Alquran dapat menjadi penenang bagi pembaca dan pendengarnya. Menenangkan hati dan pikiran, serta cinta kepada Allah SWT, Rasulullah, dan para malaikat menjadi lebih kuat.

7. Menghindari dari Berbagai Penyakit

Manfaat membaca Alquran secara rutin ialah Allah SWT akan melindungi kita dari berbagi macam penyakit. 

Orang yang istiqomah dalam bertadarus akan diberi syafaat selain ibadah puasanya. Syafaat ini bisa berupa pertolongan dari Allah Swt kepada hambanya. 

Allah Swt akan memberinya ketenangan dalam hati dan pikiran, karena kebiasaannya yang sering membaca dan memahami makna isi kandungan Al-Quran.

Tetapi, di bulan Ramadan ini tidak hanya tadarus Alquran saja yang pahalanya akan berlipat ganda, melainkan semua amalan baik yang kita lakukan. Salah satunya adalah dengan membayar zakat fitrah.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini